Kamis, 14 Agustus 2014

Contoh Soal Sejarah


Pertumbuhan dan Perkembangan Nasionalisme di Indonesia
1.      Apakah perbedaan antara liberalisme dengan individualisme? Apakah hubungannya denganpeningkatan nasionalisme bangsa Asia-Afrika?
Jawaban:
Perbedaan antara liberalisme dengan individualisme adalah pada batasannya. Liberalisme itu bebastetapi tidak mengganggu kepentingan orang lain sedangkan individualismeme bebas sebebasnya.

2.      Bagaimana peran kaum terpelajar Indonesia dalam menumbuhkan rasa kebangsaan dalammasyarakat Indonesia?
Jawaban:
Peran kaum terpelajar di Indonesia dalam menumbuhkan rasa kebangsaan dalam masyarakatIndonesia adalah kondisi kehidupan multi-etnik memungkinkan tejadinya proses transfer pemikirandan ide antara tokoh terpelajar yang satu dengan yang lainnya. Mereka saling bertukar pikiran danpengalaman. Proses transfer pemikiran dan ide seperti ini lambat laut menumbuhkan rasapersatuan, senasib, dan semangat untuk memperbaiki bangsanya.

3.      Jelaskan keterkaitan antara peranan kaum terpelajar dan pers Indonesia dalam menumbuhkankesadaran nasional!
Jawaban:
Keterkaitan antara peranan kaum terpelajar dan pers Indonesia dalam menumbuhkan kesadarannasional adalah :-
Kaum terpelajar dan pers adalah kelompok pertama yang menyadari nasib bangsanya.-Pers berperan untuk mentransfer ide kemerdekaan.-Tumbuhnya pers merupakan awal dari kebebasan menyatakan pendapat.-adanya peningkatan diri dan emansipasi untuk Indonesia yang lebih baik.

4.      Sebutkan faktor-faktor yang membuat lahirnya gerakan pemuda Indonesia!
Jawaban:
Faktor -faktor yang membuat lahirnya gerakan pemuda Indonesia adalah:-perkebangan pendidikan barat di Indonesia-penderitaan rakyat akibat penjajahan-pengaruh perkembangan pendidikan Islam di Indonesia-pengaruh perkembangan pendidikan kebangsaan di Indonesia

5.      Jelaskan hubungan antara pergerakan kebangsaan di Asia dengan kebangkitan nasionalisme diIndonesia!
Jawaban:
Pergerakan kebangsaan di Asia dengan kebangkitan nasionalisme di Indonesia memilikihubungannya sangat erat. Pergerakan kebangsaan di Asia yang memotivasi bangsa Indonesia untukmemperjuangkan kemerdekaan, kebebasan dari penderitaan penjajah. Dan juga memicu kesadaranbersama bangsa Indonesia untuk lepas dari penjajah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar